Menu Close

Pertanyaan Yang Muncul Seputar Vaksinasi Program

Negara miskin, setengah dari populasi dunia hanya menerima 17 persen vaksin. Ia menyampaikan, untuk kapasitas produksi sebanyak one hundred juta dosis telah mendapatkan sertifikasi dari BPOM. Sisanya, sebanyak a hundred and fifty juta dosis ditargetkan dapat segera tersertifikasi dalam dua bulan ke depan. “Kami tinggal menerapkan saja, apakah memang ditugaskan nanti vaksin mandiri bisa berjalan atau tidak, tapi dengan catatan-catatan tadi yang sudah disampaikan. Kami siap melaksanakan,” ucapnya. Nah, cara mendapatkan vaksin COVID-19 bisa dilakukan dengan enam tahapan sampai registrasi dan verifikasi.

Dalam hal distribusi, vaksinasi gotong royong dilaksanakan oleh PT Bio Farma ke fasilitas pelayanan kesehatan milik masyarakat atau swasta yang bekerja sama dengan badan hukum atau badan usaha. Direktur Utama PT Bio Farma Honesti Basyir mengatakan program vaksinasi gotong royong tidak hanya akan didukung oleh fasilitas pelayanan kesehatan milik pemerintah. Pemerintah harus memastikan bahwa vaksinasi gotong royong tidak mengganggu pasokan vaksin free of charge. Ketiga, vaksin gotong royong hanya boleh dibeli oleh korporasi untuk diberikan free of charge ke karyawan dan keluarganya. Khusus untuk vaksin bantuan pemerintah, terdapat masyarakat yang mendapatkan prioritas. Mereka adalah anggota TNI/Polri, tenaga kesehatan, dan penegak protokol kesehatan lainnya.

Untuk mengikuti program vaksinasi mandiri, perusahaan bisa mendaftar pada lewat Kamar Dagang dan Industri Indonesia. Bagi perusahaan yang mau berpartisipasi membiayai pembelian vaksin untuk diberikan kepada karyawan dan keluarga karyawan dapat mengisi formulir pendataan program vaksinasi gotong royong ini, selambatnya 24 Maret 2021. Arya juga menegaskan, pelaksanaan vaksin mandiri atau vaksin gotong royong akan dilaksanakan setelah vaksinasi tahap pertama untuk tenaga kesehatan selesai, juga setelah vaksinasi tahap kedua untuk petugas publik berjalan.

“Karena itu, jangan sekarang. Vaksinasi mandiri nanti saja setelah vaksinasi wajib untuk tenaga kesehatan dan pekerja publik sudah diberikan. Jangan langsung di depan,” kata Budi. Wacana pengadaan vaksin mandiri awalnya diungkapkan oleh Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dalam rapat kerja bersama Komisi IX DPR pada 15 Januari lalu. Ia mengatakan, vaksin mandiri ditujukan untuk perusahaan, dengan syarat untuk semua karyawannya bukan hanya untuk direksi dan jajaran atas perusahaan saja. Erick mengatakan, pihaknya telah melakukan diskusi dengan berbagai pihak, termasuk DPR dan kementerian terkait jika wacana vaksin mandiri diberlakukan.

Direktur Digital Healthcare PT Bio Farma Soleh Udin Al Ayubbi menambahkan, masyarakat yang akan mengikuti vaksin corona secara mandiri harus mengikuti 7 step sebelum dan sesudah vakasinasi. “Dan nanti diintegrasikan pada program satu information pemerintah untuk kelengkapan administrasi setiap orang yang sudah mendapatkan vaksinasi,” tuturnya. Dalam implementasinya, proses distribusi harus berbasis IT atau digital. Langkah ini sudah dilakukan Bio Farma pada pengiriman vaksin ke daerah saat vaksinasi pemerintah sebelumnya. Dimana, Sistem digunakan untuk memonitor agar vaksin dalam kondisi aman. Ke-72 perusahaan itu dinilai telah memenuhi prinsip cara distribusi obat yang baik untuk menjamin dan memastikan distribusi vaksin sesuai dengan persyaratan dan tujuan penggunaannya.

Bagaimana cara mendapatkan vaksin mandiri

Pertama pasien melakukan registrasi dan pre-order.Tahap pertama itu bertujuan untuk menangkap information masyarakat apakah sesuai dengan ketentuan vaksinasi COVID-19. Chief Digital Healthcare Officer Bio Farma Soleh Ayubi mengatakan, proses awal pemerintah akan melakukan sosialisasi melalui media on-line, cetak, elektronik hingga media sosial. Walaupun sudah menerima vaksinasi, Anda harus tetap mematuhi protokol kesehatan 3M, yaitu memakai masker, menjaga jarak dan menghindari kerumunan, serta mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir. Setelah penyuntikan vaksin, Anda akan diminta untuk tetap tinggal di tempat pelayanan vaksinasi selama 30 menit. Sebelum penyuntikan vaksin, dokter atau petugas medis akan melakukan tanya jawab singkat dan pemeriksaan untuk memastikan Anda dalam kondisi sehat dan siap untuk divaksin. Pengujian vaksin Sinopharm telah dilakukan di sejumlah negara selain China, antara lain Uni Emirat Arab, Maroko, Mesir, Bahrain, Jordan, Pakistan, dan Argentina.

Meski demikian, hingga saat ini belum ada harga yang pasti untuk satu kali proses Vaksinasi. Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN) menyatakan bahwa hingga saat ini aturan soal harga vaksinasi masih digodok. Pengidap TBC yang masih dalam perawatan, vaksinasi dapat diberikan setelah dua minggu menerima obat anti tuberkulosis. Jika kamu memiliki penyakit paru, seperti asma, PPOK, atau TBC, maka vaksinasi akan ditunda hingga kondisi kamu dapat dinyatakan baik. Jika saat skrining kesehatan, kamu mengalami demam atau suhu tubuh diatas 37,5 derajat Celsius, maka vaksinasi akan ditunda. Kamu akan diminta untuk melakukan pemeriksaan terkait gejala yang dialami dan mengunjungi pos kesehatan yang sama.

Pemerintah menerima masukan dari masyarakat tentang biaya vaksin COVID-19 dan memutuskan bahwa vaksin COVID-19 akan diberikan free of charge dan tanpa syarat. “Kalau bisa berbeda dengan yang free of charge, merknya, bukan kualitas atau proses vaksinasi,” ujar Erick. Erick belum dapat memastikan kapan waktu yang tepat masyarakat bisa akses vaksin Covid-19 secara mandiri. Sebab, pemerintah harus terlebih dahulu menyelesaikan goal vaksinasi yang telah ditentukan. Setelah tahap tersebut dilewati, pada tahap akhir terdapat verifikasi dan pengambilan keputusan lanjutan.