Menu Close

Gejala Covid 19 Kenali Cara Pemeriksaan Dan Pencegahannya!

Jadi proses restore hanya dapat Anda lakukan apabila knowledge terhapus ada di dalam halaman recycle bin. Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mengajak masyarakat Jateng disiplin menerapkan protokol kesehatan, termasuk menggunakan masker di luar rumah. Sedangkan untuk pasien yang negatif namun masih menunjukkan gejala sakit, idealnya mengulang speedy test 7-10 hari kemudian. Jika tidak memungkinkan untuk mengulang, maka harus tetap isolasi di rumah selama 14 hari. Pemerintah dinilai abai, lalai, dan lamban dalam menangani virus Corona di Indonesia. Bahkan beberapa negara dan ahli meragukan penanganan yang dilakukan pemerintah Indonesia.

Oleh karena itu sangat penting untuk rajin mencuci tangan dengan baik dan benar. Kamu bisa memilih mencuci tangan menggunakan hand sanitizer atau dengan air dan sabun. Bila dalam 14 hari kesehatan membaik, Anda masih harus tetap tinggal di rumah bersama anggota keluarga lain sampai situasi telah membaik dan pemerintah mengumumkan peraturan atau panduan baru. Bila terpaksa keluar rumah karena kebutuhan penting, gunakan masker dengan benar. Kelima, tutup mulut dan hidung dengan tisu atau siku saat batuk maupun bersih. Jika batuk dan bersin terus-menerus, sebaiknya istirahat di rumah.

Detri kaget begitu hasil tesnya yang keluar pada 20 Maret itu menyatakan dirinya positif Covid-19. Karena tak menunjukkan gejala sesak nafas, demam, dan batuk kering, akhirnya ia memutuskan untuk isolasi mandiri di rumah. Virus corona dicurigai berasal dari virus yang terdapat pada daging hewan dikonsumsi dalam kondisi yang tidak matang. Oleh karena itu, pastikan setiap makanan yang Anda konsumsi matang dengan sempurna.

Langkah tepat jika terkena Covid

Jika Anda mengenal tetangga yang berusia lanjut atau memiliki kondisi kesehatan lain, hubungi mereka, idealnya melalui telepon. Anda juga dapat mengirim surat untuk menawarkan bantuan dengan menyelipkannya lewat pintu. Anda bisa mengetuk pintu tetangga Anda untuk mengecek apakah mereka baik-baik saja, tetapi berdirilah agak jauh dari pintu dan pertahankan jarak dua meter.

Lagi-lagi, baik petugas maupun kerabat atau keluarga, setiap bentuk interaksi dengan jenazah corona harus tetap memperhatikan perlindungan diri dengan mengenakan ADP. Jenazah pasien corona sebaiknya ditutup rapat dengan kain kafan/bahan dari plastik . Dapat juga jenazah ditutup dengan bahan kayu atau bahan lain yang tidak mudah tercemar. “Diharapkan bakteri di tangan dan virus dapat menghilang tersapu air,” kata Meldy. Gejala awal yang dikenali terduga terjangkit Covid-19 adalah demam, batuk dan muntah, serta kesulitan bernapas. Selain itu, orang tersebut mempunyai riwayat pernah bepergian dari luar negeri, terutama dari China.

Agar tidak terkena penyakit infeksi yang sedang mewabah ini, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah penularan virus Corona. tirto.id – Gejala virus corona akan muncul setelah 2-14 hari masa inkubasi virus di dalam tubuh. Gejala ringan berupa demam disertai batuk, sesak napas, nyeri sendi, hingga diare. Akan tetapi, ada juga orang yang tidak merasakan gejala tersebut dan hanya merasa tidak enak badan.

Jika terduga masih menunjukkan gejala awal, kata Diah, maka pasien akan mendapatkan obat demam, batuk dan flu, disertai dukungan makanan yang sehat agar meningkatkan daya tahan tubuh dalam melawan virus tersebut. Gejala yang lebih parah termasuk sesak napas, nyeri dada, dan pneumonia. Meskipun masih pengamatan dan belum ada studi ilmiah, saat ini tampaknya lebih bijaksana untuk menggunakan acetaminophen. Guna membantu mengurangi demam dan rasa sakit, nyeri yang berkaitan dengan infeksi virus corona. Jangan berbagi piring, cangkir, gelas, peralatan makan, handuk, serta tempat tidur dengan anggota keluarga di rumah. Segera cuci bersih setiap barang yang telah Anda gunakan dengan sabun dan air.

Jangan pernah mengonsumsi obat apapun tanpa ada saran dari dokter. Apabila Anda harus merawat hewan peliharaan, pastikan untuk mencuci tangan sebelum dan setelah Anda berinteraksi dengan mereka. Pantau selalu informasi mengenai COVID-19 dan hewan untuk lebih lanjut. Cara penanganan selanjutnya, membatasi kontak dengan hewan peliharaan dan hewan lain. Meskipun belum ada laporan tentang hewan peliharaan atau hewan lain yang sakit dengan COVID-19.

Jaga jarak aman, namun tetap siaga membantu jika mereka memerlukan bantuan . Jika memiliki keluhan pada saat isolasi mandiri dan berkelanjutan sampai terasa semakin sesak napas dan gangguan pernapasan lainnya, maka hal ini perlu diwaspadai. Orang tersebut perlu melapor ke fasilitas kesehatan terdekat dan melakukan tes polymerase chain reaction atau swab. Rekomendasi untuk isolasi mandiri ini juga akan meringankan beban tenaga medis. Oleh karena itu, bagi pasien yang positif tapi tanpa gejala, biasanya akan disarankan untuk melakukan isolasi mandiri di rumah. Jangan khawatir, selama melakukan isolasi, tenaga kesehatan akan terus memantau perkembangan.