Menu Close

Cara Melakukan Pendaftaran Vaksinasi Gotong Royong

“Kalau atlet-atletnya sudah divaksin mudah-mudahan semakin longgar kegiatan olahraga,” harapnya. “Vaksinasi para atlet ini penting, terutama mereka yang akan mengikuti beberapa eventbaik domestik maupun world,” katanya. Jangan sampai, kata Ma’ruf, saat pelaksanaan dimulai justru para atlet terpapar virus Covid-19. ” ini free of charge dengan melibatkan swasta. Mereka beli dari pemerintah atau BUMN dan dibagikan gratis untuk para pekerja,” ucap Erick. Khusus vaksin Sinopharm, kata Bambang, kerja sama akan dilakukan oleh anak usaha holdingBUMN farmasi, yaitu PT Kimia Farma. Penyelenggara fasilitas vaksinasi akan mengkombinasikan vial-ID dan NIK pasien.

Kedua adalah vaksin mandiri untuk masyarakat yang mampu membayar sendiri. Rosan menjelaskan kebutuhan vaksin untuk vaksinasi gotong royong tahun ini mencapai 20,2 juta dosis dan menjangkau 10 juta orang. Angka ini berpeluang bertambah seiring rencana pembukaan kembali keikutsertaan perusahaan. Perusahaan yang ingin ikut membiayai pembelian vaksin untuk diberikan kepada karyawan dan keluarga karyawan dapat mengisi formulir pendataan program vaksinasi gotong royong ini, paling lambat 21 Mei 2021. Pemerintah juga memastikan jenis vaksin yang digunakan dalam vaksinasi gotong royong berbeda dengan jenis vaksin program pemerintah.

BANDUNG, iNews.id – Jika Anda lansia atau memiliki keluarga lansia yang belum terdaftar pada program vaksinasi, ada baiknya Anda melakukan pendaftaran secara mandiri. Pemerintah juga segera melakukan penambahan dosis yang akan didistribusikan ke daerah sebanyak 1,8 juta dosis, pada tanggal 21 Januari 2021. “Selain itu, pemerintah akan terus mengintegrasikan sistem satu information dalam program vaksinasi ini,” tambah Airlangga. Jakarta, Beritasatu.com – Selambatnya, awal Maret 2021, vaksinasi mandiri sudah bisa dilaksanakan. Dengan vaksinasi mandiri, upaya mewujudkan herd immunity atau imunitas kelompok akan lebih cepat terwujud di samping mengurangi beban APBN. Pemerintah masih menggodok sejumlah regulasi agar pelaksanaan vaksin mandiri memberikan manfaat optimum kepada masyarakat yang kini didera pandemi Covid-19.

Menko Airlangga menambahkan pemerintah sudah mendapatkan kepastian vaksin AstraZeneca dan Novavax, Covax/ GAVI untuk Indonesia. Perjanjian pembelian vaksin dari AstraZeneca dan Novavax serta Form B untuk Covax/ GAVI sudah ditandatangani. “Penandatanganan perjanjian dengan Pfizer segera dilaksanakan,” ungkap Airlangga. Saat ini sistem untuk memasukan knowledge fast antigen sudah dipersiapkan dan sedang dilakukan uji coba. Tak semua jenis hand sanitizer dan disinfektan mampu membunuh virus penyebab Covid-19. Peserta vaksinasi dari dokter residen dan koas ditargetkan mencapai kurang lebih 1.500 orang.

Bagaimana cara mendapatkan vaksin mandiri

Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia, Rosan P. Roeslani mengusulkan pemerintah untuk memberikan akses vaksin Covid-19 secara mandiri kepada pengusaha swasta. Lantas, pertanyaannya adalah apakah masyarakat umum termasuk pengusaha swasta bisa mengakses vaksin secara mandiri? Pada forum yang sama, Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir mengatakan lebih dari 6.600 perusahaan telah mendaftar untuk skema swasta.

Jika tenaga kesehatan tidak terdaftar, proses registrasi juga dapat dilakukan melalui chatbot. Seiring dengan itu, lanjut Rosan, izin pemerintah kepada swasta untuk melakukan vaksinasi mandiri kepada karyawan sangat ditunggu. Bahkan, akan lebih baik jika diberikan kesempatan melakukan vaksinasi mandiri, tidak hanya untuk karyawan saja, tetapi juga untuk keluarga karyawan. Selain itu, rencana pemerintah mengizinkan vaksin mandiri ini juga berpotensi melanggar Pasal 5 ayat , dan UU No. 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan.

Selain itu, proses vaksinasi juga tidak akan dilakukan di fasilitas kesehatan milik pemerintah. Dalam prosesnya, PT Bio Farma mendistribusikan vaksin Covid-19 untuk Vaksinasi Mandiri ke fasilitas pelayanan kesehatan milik masyarakat atau swasta yang bekerja sama dengan badan hukum atau badan usaha. Fasilitas pelayanan Kesehatan yang dimaksud, harus di luar fasilitas pelayanan Kesehatan untuk vaksinasi program pemerintah.

Vaksinasi Gotong Royong adalah vaksin yang dibeli oleh Perusahaan/Badan Hukum/Badan Usaha yang diberikan secara free of charge untuk karyawan dan keluarganya. Jika pihak swasta diperbolehkan mendapatkan vaksin untuk kebutuhan lingkungan mereka sendiri, dikhawatirkan akan mengurangi jatah vaksin free of charge yang sangat ditunggu masyarakat secara luas. Koordinator PMO Komunikasi Publik Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional , Arya Sinulingga mengatakan pihaknya sudah meminta pertimbangan berbagai pihak, termasuk KPK untuk pelaksanaan vaksin mandiri. Keinginan sektor swasta untuk melakukan vaksin mandiri disambut oleh Presiden Jokowi. Ia mempertimbangkan usulan yang disampaikan oleh para pelaku usaha tersebut.

Iklan-iklan tersebut beredar di Media Sosial dengan mengatasnamakan beberapa fasilitas kesehatan menawarkan Pre-Order vaksinasi jalur mandiri. Mahyeldi berharap daerah yang belum merampungkan one hundred persen vaksinasi agar segera menyelesaikannya. Supaya pemerintah dapat fokus kepada vaksinasi tahap kedua, yakni untuk ASN, TNI, Polri dan tenaga pelayanan publik lainnya. Vaksin Sinopharm adalah vaksin untuk mencegah infeksi virus Corona atau COVID-19. Vaksin Sinopharm ini direncanakan menjadi bagian dari vaksinasi mandiri atau vaksinasi gotong royong di Indonesia.

Jika penyebabnya bukan COVID-19 dan suhu sudah kembali normal, maka vaksinasi bisa dilakukan dengan melakukan skrining terlebih dahulu. Dalam hal ini, tentunya imun tubuh akan membentuk antibodi terhadap virus corona. Diharapkan pada Maret 2022, seluruh masyarakat telah mendapatkan vaksinasi COVID-19 untuk membantu mengatasi bahkan memutus kasus COVID-19. Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy mengatakan, priortias vaksinasi untuk atlet adalah kebijakan yang tepat. Muhadjir berharap vaksinasi atlet akan kembali mengaktifkan kegiatan-kegiatan olahraga yang terhenti selama pandemi.